Beranda » Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Informasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah studi tentang penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data berskala besar, termasuk data dan informasi pada mesin komputasi. Ini mencakup berbagai bidang seperti ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer, dan aplikasi informasi dalam sistem manajemen.

Selain itu, terkait dengan aspek kognitif dan sosial penggunaan informasi dalam berbagai konteks. Teknologi informasi memiliki beberapa fungsi dan manfaat, antara lain meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif terkait komputer dan sistem komputasi, meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi, meningkatkan pengetahuan tentang struktur dan interaksi sistem informasi, dan pengguna, serta dampak sosial dan etika teknologi informasi terhadap masyarakat, dan menciptakan peluang karir di bidang teknologi informasi yang sedang berkembang.

Penerapan teknologi informasi sehari-hari meliputi penggunaan aplikasi ponsel pintar untuk berkomunikasi, berbelanja, bermain game, dan belajar, menggunakan Sistem Informasi Geografis untuk pemetaan, navigasi, dan analisis spasial, memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk mengenali wajah, suara, gambar, dan teks, serta memanfaatkan database untuk mengenali wajah, suara, gambar, dan teks. menyimpan dan mengelola data yang besar dan kompleks, serta menggunakan jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat secara lokal dan global.

 

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Baca juga :  Apa Syarat Cara Buka Rekening BCA Tanpa NPWP & Jenis Kartu ATM BCA

Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa “teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). “. Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ”Cloud Computing”, sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Jika dahulu leluhur kita berikirim surat dengan merpati atau juga mengirim utusan yang bisa tiba dan dibalas berbulan-bulan, maka hari ini berkirim surat bisa dilakukan secepat kilat. Jika dulu untuk mengetahui sebuah pristiwa kondisi di luar daerah kita harus berkunjung, maka kini cukup duduk manis di rumah dan kita sudah disuguhi informasi dari dunia mana pun.

Begitulah peranan teknologi yang sangat membantu dalam penyampaian informasi. Kita lalu mengenalnya dengan teknologi informasi. Apa sebenarnya definisi TI (teknologi informasi) itu? Apakah benar teknologi informasi itu selalu identik dengan komputer?

Rekayasa Teknologi Infomasi

Jika ditelisik secara kata, maka teknologi informasi susunannya terdiri dari kata teknologi dan kata informasi. Teknologi hanya semacam perangkat, sementara penciptanya sendiri adalah manusia.

Jadi, bicara teknologi informasi maka tak akan bisa lepas dari upaya atau hasil rekayasa yang dilakukan manusia dalam hal penyampaian pesan atau informasi antara si pengirim dan si penerima. Tujuannya agar prosesnya lebih cepat sampai, cepat meluas infonya, tetapi lebih lama dalam hal penyimpanan arsipnya.

Sejarah Teknologi Infomasi

Dalam konteks sejarah, maka sebenarnya bahasalah alat teknologi yang pertama kali dimiliki manusia. Begaimana tidak, pada peradaban manusia awal masa, komunikasi hanya disampaikan dengan bahasa dalam hal ini adalah bahasa lisan. Dari sini orang lain akan mengerti satu sama lain.

Baca juga :  Rekomendasi 5 AI Voice Generator Untuk Content Creator

Hanya saja bahasa yang sudah diucapkan kepada si pendengar bersifat sementara karena memang tidak tersimpan dalam sebuah file khusus. Selain itu, proses penyebaranannya juga sangatlah terbatas. Hanya si penerima atau orang-orang di sekelilingnya yang memang kebetulan mendengarkan juga.

Pada akhirnya, semua bahasa itu akan hilang pelan-pelan. Setelah bahasa lisan ini, barulah kemudian berkembang ke fase gambar. Gambar ini kemudian dibawa-bawa untuk bisa dipahami sehingga kita mengenal adanya alfabet dan angka arabik yang kemudian mempermudah jalur informasi dari sebelumnya.

Hingga kemudian datanglah erah teknologi percetakan yang bisa menjangkau pesan lebih luas, diusul dengan teknologi elektronik semisal radio, televisi, dan komputer. Hingga hari ini masih terus berkembang dan berkembang. Lalu pertanyaannya adalah, apakah definisi teknologi informasi itu? Apakah semua teknologi informasi itu semuanya berkaitan dengan komputer?

Definisi Teknologi Infomasi

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, maka di sini akan disuguhkan beberapa definisi dari teknologi informasi itu sendiri dari para ahli. Di antaranya:

• Haag dan Keen (1996):

Haag dan Keen mengatakan, teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang mampu membantu manusia dalam hal bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

• Martin (1999):

Martin berpandangan teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, dalam hal ini baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi. Tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi selain komputer.

• Williams dan Swayer (2003):

Williams dan Swayer mengatakan, teknologi informasi yang menggabungkan sistem komputer dengan komunikasi high speed yang membawa suara dan video dalam bentuk data.

Nah, dari definisi tersebut maka dipahami bahwa teknologi informasi itu tidak identik dengan komputer saja. Tetapi merangkum alat telekomunikasi lainnya semisal ponsel, radio, televisi dan lain-lain.